KERJASAMA ERAMUSLIM-IMZ DOMPET DHUAFA REPUBLIKA 2009

 

 

  • 1. Rabu, 17/06/2009 13:02 WIB Zakat dan Sedekah Apakah dengan berzakat harta kita bertambah, padahal saat menunaikan zakat berkurang?

Lebih lanjut dan jelas buka website: http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/zakat-dan-sedekah.htm

 

  • 2. Senin, 22/06/2009 10:54 WIB Upah Amil Zakat  Apakah dibenarkan memberikan zakat kepada mereka sebagai amil?

Lebih lanjut dan jelas buka website:  http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/upah-amil-zakat.htm

 

Lebih lanjut dan jelas buka website:  http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/dasar-hukum-zakat-perusahaan.htm

 

Lebih lanjut dan jelas buka website:  http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/zakat-penghasilan-apakah-ada-dalam-syariat-islam.htm

 

Lebih lanjut dan jelas buka website:   http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/berapa-bulan-sekali-kita-wajib-membayar-zakat.htm

 

Lebih lanjut dan jelas buka website:  http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/cara-hitung-zakat.htm

 

Lebih lanjut dan jelas buka website:  http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/zakat-hasil-usaha.htm

 

Lebih lanjut dan jelas buka website:  http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/bagaimana-menghitung-zakat-saya-broker.htm

 

Lebih lanjut dan jelas buka website:  http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/masihkah-membayar-zakat.htm

 

  • 10. Minggu, 26/07/2009 11:18 WIB Maksud Setelah Dikurangi Kebutuhan Sehari-hari Untuk Zakat maksud bayar zakat setelah dikurangi kebutuhan sehari-hari. Menurut Dr. Yusuf Qordhowi dalam Fiqhu az-Zakat, zakat profesi adalah pendapatan berupa gaji/upah yang diperolehnya berdasar profesinya.

Lebih lanjut dan jelas buka website:  http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/maksud-setelah-dikurangi-kebutuhan-sehari-hari-untuk-zakat.htm

 

 

  • 11. Senin, 27/07/2009 08:32 WIB Membantu Biaya Kuliah Keponakan Apakah Sudah Termasuk Zakat Konsep terpenting dari zakat pada intinya adalah bagaimana mendidik para aghniyaa (orang-orang kaya) agar mempunyai kepedulian dan tanggungjawab sosial terhadap mereka yang diuji Allah dengan kemiskinan.

Lebih lanjut dan jelas buka website:  http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/membantu-biaya-kuliah-keponakan-apakah-sudah-termasuk-zakat.htm

 

  • 12.Selasa, 28/07/2009 20:19 WIB Pembagian Zakat Profesi? Berdasarkan ayat tersebut jelas tidak ada pemberian zakat untuk orang tua sendiri atau mertua. Hal inilah yang dijelaskan oleh Ibnu Mundzir dalam kitabnya “Al-Bahr az-Zahrar” bahwa Islam mengajarkan kepada setiap anak/menantu hendaknya berlaku baik (ihsan) dan adil kepada kedua orang tua sendiri termasuk mertua.

Lebih lanjut dan jelas buka website:  http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/pembagian-zakat-profesi.htm

 

  • 13. Jumat, 31/07/2009 09:26 WIB Apakah Barang-barang Pribadi Juga Harus dizakati? Ulama fiqih menjelaskan ada dua argumen; pertama, jika barang tersebut tidak bergerak dan tidak menghasilkan keuntungan maka tidak berzakat. ….. Kedua jika barang tersebut bergerak dan dapat menghasilkan keuntungan, maka wajib zakat

Lebih lanjut dan jelas buka website:  http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/apkh-barang-barang-pribadi-juga-harus-di-zakati.htm

 

  • 14. Sabtu, 01/08/2009 15:06 WIB Zakat untuk PNS Zakat profesi adalah zakat yang dikeluarkan dari penghasilan profesi jika sudah mencapai nilai tertentu (nishab). Profesi yang dimaksud mencakup profesi pegawai negeri sipil (PNS) atau swasta, dan lain-lain.

Lebih lanjut dan jelas buka website:  http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/zakat-untuk-pns.htm

 

  • 15. Selasa, 04/08/2009 09:44 WIB Konsultasi Zakat Penghasilan dalam Islam para ulama kontemporer menjelaskan membolehkan mengeluarkan zakat profesi bisa dilakukan setahun sekali atau sebulan sekali yang jelas jika ditotal pendapatan bersih melebihi nishab zakat sehingga zakat yang dikeluarkan tetap 2,5%.

 

Lebih lanjut dan jelas buka website:  http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/konsultasi-zakat-penghasilan-dlm-islam.htm

 

  • 16. Sabtu, 15/08/2009 17:38 WIB Mobil Kredit Apakah Wajb Dzakat ? pernah dibahas pada mu’tamar ulama Islam kedua di Kairo, tidak wajib dizakati harta kekayaan berupa bangunan produktif, pabrik, kapal-kapal, pesawat terbang, kendaraan.

Lebih lanjut dan jelas buka website: http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/mobil-kredit-apakah-wajb-dzakat.htm

 

  • 17. Rabu, 19/08/2009 14:22 WIB Zakat Tki zakat profesi dapat dikeluarkan jika ditotal pendapatan bersih Mas Toni selama setahun melebihi nishab zakat emas 85 gram sehingga zakat yang dikeluarkan tetap 2,5%.

Lebih lanjut dan jelas buka website: http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/zakat-untuk-tki.htm

 

 

  • 18. Kamis, 20/08/2009 07:59 WIB Zakat Harta Simpanan Deposito dan Tabungan seluruh harta baik gaji/penghasilan/keuntungan maupun harta simpanan yang sudah dimiliki selama satu tahun (haul) dan cukup nishabnya setara dengan emas 85 gram maka wajib zakat.

Lebih lanjut dan jelas buka website: http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/serba-serbi-zakat.htm

 

  • 19. Selasa, 25/08/2009 13:21 WIB Zakat Dalam Bentuk Barang zakat boleh diberikan kepada anak yatim piatu sebab mereka dikategorikan sebagai kelompok orang-orang fakir (mustahik zakat) ….  Menurut pendapat Syekh Yusuf Qardhawi, bahwa membayar zakat dengan menggunakan uang adalah yang lebih sesuai untuk kondisi zaman sekarang

Lebih lanjut dan jelas buka website: http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/zakat-dalam-bentuk-barang.htm

 

  • 20. Selasa, 25/08/2009 23:12 WIB Apakah Rumah & Kendaraan juga di zakatkan ? jika rumah dan kendaraan itu dipakai untuk kebutuhan sehari-hari yang tidak menghasilkan uang, maka tidak wajib zakat. Namun, jika rumah dan kendaraan yang digunakan untuk usaha wajib zakat.

Lebih lanjut dan jelas buka website: http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/apakah-rumah-kendaraan-juga-di-zakatkan.htm

 

  • 21 Kamis, 27/08/2009 09:09 WIB Punya Utang, Masih Wajib Zakat? gaji dan pendapatan setahun, wajib zakat bila mencapai nisab, sedang kan gaji dan upah setahun yang tidak mencapai nisab, tidak wajib zakat…. apabila seseorang dengan hasil profesinya hanya sekedar untuk menutupi kebutuhan hidupnya dan pas-pasan, atau lebih sedikit maka baginya tidak wajib zakat cukup bersedekah atau berinfak  saja.

Lebih lanjut dan jelas buka website: http://eramuslim.com/konsultasi/zakat/punya-utang-masih-wajib-zakat.htm